Tuesday, October 30, 2012

Mengenal Apa Itu Diet



Untuk membantu anda agar lebih dekat ke dalam penerapan penurunan berat badan secara sehat dan alami maka perlu mengetahui hal ini terlebih dahulu. Anggap saja hal ini sebagai pengenalan, dan juga sebagai langkah awal untuk menurunkan berat badan anda.
Tidak peduli apakah anda ingin menurunkan berat badan 5 - 50 kg, prinsip yang sama akan menentukan berapa banyak dan seberapa cepat berat badan turun. Ingatlah tips - tips diet dibawah ini dan lakukanlah karena latihan ini akan membantu menurunkan berat badan secara alami.

Penghitungan kalori ini hanya menjadi sebagai sarana pengetahuan, dan sangat bagus untuk kita ketahui. 
Berat badan anda ditentukan dari seberapa besar energi yang masuk dalam makanan dan energi yang dikeluarkan untuk melakukan aktifitas sehari - hari. Biasanya, energi dikenal dengan kalor. Jika berat badan kita tetap, itu artinya kalori yang masuk ke dalam tubuh sama dengan energi yang keluar. Tetapi jika berat badan kita terus bertambah, artinya kalori yang masuk lebih besar dari kalori yang keluar untuk aktifitas sehari - hari.
Setiap orang mampu memilih makanan yang ia ingin makan setiap hari, jadi sudah seharusnya anda dapat mengontrol kalori yang masuk kedalam tubuh. Juga sebaliknya, kita juga dapat mengontrol kalori yang keluar.
Jumlah kalori yang keluar setiap hari di bagi 2
- Basal Metabolic Rate (BMR) artinya seberapa banyak kalori yang dibutuhkan untuk menjalankan metabolisme didalam tubuh
- Dan aktifitas fisik setiap hari.
Untuk beberapa orang karena disebabkan oleh faktor genetik ataupun kondisi lain, BMR nya bisa lebih tinggi atau lebih rendah dari biasanya. Berat badan kita juga berpengaruh terhadap seberapa banyak kalori yang dibakar. 
"Semakin banyak kalori yang dibutuhkan untuk menjalankan metabolisme tubuh, maka semakin tinggi berat badan kita."
Orang dengan berat 50kg, akan membutuhkan lebih sedikit energi untuk mengatur berat badannya dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan 100kg. 
Gaya hidup dan rutinitas sehari - hari secara khusus menentukan seberapa banyak kalori yang dibutuhkan setiap hari. Seseorang yang bekerja dengan kekuatan fisik tentunya akan membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan orang yang hanya duduk di meja kerja sepanjang hari (kerjaan kantor). Untuk orang yang jarang sekali melakukan pekerjaan yang membutuhkan aktifitas fisik, latihan atau olahraga akan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. 
Menurut penelitian, wanita dengan umur 31 - 50 tahun yang bekerja di kantoran membutuhkan 1800 kalori setiap hari untuk mengontrol berat badannya. Pria dengan umur yang sama membutuhkan 2200 kalori setiap hari. Ikut latihan olahraga fisik 3 - 5 hari setiap minggu membutuhkan tambahan 200 kalori.

Hal di atas perlu di
ketahui sebagai langkah awal dalam menurunkan berat badan. 
Sekian dulu untuk posting hari ini, Insyaallah akan kita lanjutkan ke bahasan selanjutnya pada postingan besok.

No comments: